Topik dan Garis Besar Isi Materi
Layanan
Bimbingan dan Konseling untuk Kelas X
SMA BINA MUDA CICALENGKA
No
|
Materi
|
Standar Kompetensi yang dikembangkan
|
Garis Besar Isi
Materi
|
1.
|
a. Sholat sebagai tiang agama
b. “Doa adalah senjata umat islam”
|
-
Mengembangkan pemikiran tentang
kehidupan beragama,
-
Melaksanakan ibadah atas
keyakinan sendiri disertai sikap toleransi.
|
Sebuah kajian yang membahasa urgensi dan makna sholat dalam
kehidupan. Konselor (guru agama sebagai dukungan sistem) menjelaskan bahwa
sholat merupakan tiang agama. Selain itu juga merupakan amalan pertama yang
akan dihisab oleh Alloh SWT. Juga membahas tentang urgensi doa sebagai
senjata serta sumsum ibadah bagi seorang muslim.
|
2.
|
a.
Jujur
b. Ketertiban dan Kepatuhan
|
- Menghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan
pengambilan keputusan
- Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan
aspek-aspek etis.
|
Sebuah pembahasan mengenai fenomena-fenomena permasalahan
yang muncul yang melibatkan sikap jujur. Juga penyadaran secara kolektif
terhadap beberapa tindak pelanggaran.
|
3.
|
a.
Cita-Cita Sesuai dengan Jenis
Kelamin
|
- Menghargai keragaman peran laki-laki atau perempuan
sebagai aset koloborasi dan keharmonisan hidup,
- Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam
keragaman peran,
|
Sebuah kajian berupa wawasan umum terkait kesesuaian minat
karir antara laki-laki dan perempuan
sebagai aset dalam mewujudkan aktualisasi diri. Atau penjurusan di
kelas XI.
|
4.
|
a. Membina Keluarga
|
- Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih
intensif tentang norma pernikahan dan berkeluarga.
|
Sebuah materi yang menyajikan sekilas tentang membina
keluarga juga merupakan persiapan awal yang harus diperoleh siswa sebelum
menikah pasca lulus SMA.
|
5.
|
a. Tanggung Jawab atas Tindakan Pribadi : “Berani Berbuat Berani
Bertanggung Jawab”
|
- Menyadari nilai- nilai persahabatan dan keharmonisan
dalam konteks keragaman interaksi sosial,
- Berinteraksi
dengan orang lain atas dasar kesamaan (equality).
|
Sebuah kajian untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sehingga
akan menimbulkan bentuk penerimaan terhadap apa yang telah terjadi.
|
6.
|
a. Pengendalian Emosi
|
- Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas,
terbuka dan tidak menimbulkan konflik.
|
Sebuah kajian mengenai beberapa cara menyelesaikan masalah
tanpa masalah.
|
7.
|
a.
Pengembangan Pribadi
|
- Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan
kekuarangannya,
- Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam
keragaman.
|
Sebuah materi yang menyajikan beberapa figur-figur orang
sukses-terkenal dengan segala keterbatasan yang kemudian siswa dapat mengambil hikmah dari materi
yang disampaikan.
|
8.
|
a.
Sikap Hemat dan Menabung
|
- Menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan
kompetitif atas dasar kesadaran sendiri.
|
Suatu kajian mengenai urgensi sikap hemat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
9.
|
a.
Kemampuan Hubungan Sosial (public
relations)
|
- Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan
memperhatikan norma yang berlaku
|
Sebuah materi yang dapat menumbuhkan sikap percaya diri
siswa untuk melakukan hubungan sosial bersama siswa lain.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar